Kamis, 07 Januari 2010

Mercusuar Tua Bertenaga Nuklir Yang Terabaikan

Saat ini navigasi dapat dipermudah dengan adanya sistem GPS. Hal ini sangat mempengaruhi keberadaan mercusuar, dalam artian: banyak mercusuar dihentikan operasinya, terutama di beberapa negara maju seperti Jerman.

Mercusuar yang termasuk menakjubkan ada di Rusia. Pada jaman Uni Soviet masih ada, mercusuar bertenaga nuklir dipergunakan untuk memberi peringatan pada kapal-kapal yang lewat sepanjang garis pantai utaranya yang luas. Kondisi di garis pantai utara pada waktu itu memang membutuhkan mercusuar. Pada saat musim dingin, malam begitu panjang, dan mercusuar begitu besar peranannya.





Di bawah ini, saya ingin berbagi beberapa foto dan sedikit cerita mercusuar bertenaga nuklir yang telah lama terabaikan...
Foto-foto Dan Kisah Mercusuar Tua

Para ahli memasang reaktor nuklir mini di tiap mercusuar sepanjang garis pantai utara Rusia, agar memperoleh energi yang cukup secara mandiri sepanjang tahun, tanpa campur tangan manusia.
Mercusuar Di Sepanjang Garis Pantai Utara Yang Bekerja Otomatis
Yang unik dari mercusuar bertenaga nuklir ini adalah mereka dapat otomatis bekerja tanpa kehadiran manusia, mereka dapat menghitung sendiri waktu sepanjang tahun dan mengatur penerangan antara malam dan siang, dan juga mengirimkan sinyal radio peringatan pada kapal yang melintas.
Mercusuar Dijarah Untuk Memperoleh Bahan-Bahan Logam Tertentu

Waktu berlalu, kejayaan mercusuar bertenaga nuklir pun pudar, dikarenakan perubahan geopolitik maupun dari sisi teknologi. Kini, mereka terabaikan, selain karena dimakan waktu juga karena dijarah. Para penjarah yang berburu bahan-bahan logam menerobos masuk dan mempereteli bagian-bagian penting mercusuar.
Para Penjarah Mengabaikan Bahaya Pencemaran Radioaktif
Bisa jadi mereka tidak tahu bahaya radioaktif yang ada di mercusuar tersebut, dan bahkan membongkar reaktor nuklir mini yang ada dan membuatnya tercemar radiasi. Mengerikan. Tapi itulah kisah dari mercusuar yang terabaikan.
Mercusuar Tua Bertenaga Nuklir Peninggalan Masa Lampau

Tidak ada komentar:

Posting Komentar