Kamis, 14 Januari 2010

Gangguan Jiwa Atau Gangguan Mental Yang Langka

Gangguan Jiwa Atau Gangguan Mental Yang Langka
Beberapa gangguan mental memang termasuk "populer" dan diketahui oleh masyarakat luas. Namun ada beberapa gangguan mental yang jarang dan kurang lazim didengar. Di bawah ini adalah beberapa gangguan mental yang jarang sekali diidap oleh manusia.

Beberapa diantaranya bisa dibilang unik, bahkan bisa dibilang bisa juga mengilhami sebuah novel.





Paramnesia Reduplikatif

Gangguan Jiwa Atau Gangguan Mental Paranemsia Reduplikatif
Ini merupakan gangguan delusional yang mana seseorang yang menderita gangguan ini percaya bahwa tempat di mana ia berada sekarang bukanlah tempat yang sesungguhnya, namun sudah digandakan atau diduplikasi di sebuah lokasi yang lain. Penderita juga percaya bahwa ada tempat yang sama di dua lokasi yang berbeda secara bersamaan. Betapa ribetnya gangguan mental ini.

Gangguan mental ini umumnya dikaitkan oleh adanya cedera di otak yang bersifat menetap setelah terjadi kecelakaan.

Delusi Capgras

Gangguan Jiwa Atau Gangguan Mental Delusi Capgras
Delusi ini muncul pada orang yang memiliki keyakinan bahwa kenalan, teman, atau keluarganya telah digantikan oleh orang yang serupa untuk tujuan mengelabui, menipu, atau memanipulasi.

Gangguan ini lazim ditemukan pada orang yang menderita skizofrenia, walau ada pula orang yang menderita gangguan ini karena adanya cedera otak. Gangguan ini begitu mengganggu kehidupan penderita, karena penderita mulai menunjukkan rasa kurang percayanya pada keluarga dan teman-temannya sendiri.
Penderita Delusi Capgras Bisa Meyakini Bila Keluarganya Adalah Iblis Atau Mahluk Asing Dari Planet Lain

Contoh dari gangguan ini: seseorang meyakini bila keluarganya telah mati dan jasadnya disusupi iblis, atau mahluk asing dari planet lain.

Sindroma Fregoli

Penderita Gangguan Jiwa Sindroma Fregoli Percaya Bahwa Satu Orang Bisa Menyamar Menjadi Banyak Orang
Gangguan ini juga termasuk langka. Seseorang yang menderita gangguan ini meyakini bahwa orang-orang yang ditemuinya merupakan orang yang sama dengan berupa-rupa penyamaran. Gangguan ini menyebabkan penderitanya mengalami ketakutan bahwa seseorang sedang mencoba menyelakainya dan menyamar sebagai orang yang berbeda-beda dalam keluarganya

Delusi Negasi

Penderita Gangguan Jiwa Negasi Mengira Ia Sudah Mati Dan Sedang Menjelajah Surga atau Neraka
Negasi atau penyangkalan, orang yang menderita delusi ini percaya bahwa sebetulnya ia telah mati, atau sesungguhnya tidak ada di dunia ini. Gangguan ini dapat bermanifestasi pada seseorang yang baru sadar dari sebuah kecelakaan dan yakin mereka sudah mati, dan sedang jalan-jalan di surga atau neraka. Gangguan ini lazim ditemui pada kasus orang yang menderita depresi dan skizofrenia.

Wah, aneh juga apa yang dialami oleh penderita. Terutama bagi saya pribadi, ada 2 yang cukup menarik dan tampaknya mengilhami novel dan film, yaitu sindroma fregoli dan sindroma capgras.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar