Selasa, 22 Desember 2009

Raksasa-Raksasa Di Dunia Fauna

Binatang apa sajakah yang merupakan raksasa di dunia fauna? Ketikan dan foto berikut ini mungkin menarik Anda yang suka pada dunia hewan.

Paus Biru
Paus Biru Mamalia Laut Terbesar
Sebuah sumber mengatakan walaupun ikan paus sering disebut "ikan" namun paus bukan termasuk keluarga ikan. Bisa jadi, karena paus mempunyai ciri-ciri sebagai berikut: tidak bernapas dengan insang, tetapi dengan paru-paru; berdarah panas, tidak seperti ikan lainnya; memiliki kelenjar susu; jantungnya terdiri dari 4 ruang. Paus biru merupakan yang terbesar dibanding paus lainnya. Berat paus biru bisa mencapai 172 metrik ton, dengan panjang 32,9 meter. Disebut biru karena memang warnanya kebiru-biruan dengan berbagai variasinya tergantun pada situasi. Makanan utamanya adalah hewan-hean laut kecil sebangsa krustacea.



Gajah Semak Afrika
Gajah Semak Afrika
Tinggi gajah semak Afrika ini berkisar antara 6 hingga 7,3 meter dan beratnya mencapai 6000 hingga 9000 kg. Rekor gajah semak Afrika yang pernah tertembak di Angola tahun 1965 adalah seberat 12.274 kg dengan tinggi 4,2 meter dan kini tubuhnya terpajang di museum. Rata-rata gajah semak Afrika bergerak dengan kecepatan 6 km/jam sedangkan dalam kondisi berlari bisa mencapai kecepatan 40 km/jam.

Beruang Kutub
Beruang Kutub si karnivora terbesar

Beruang kutub hidup di atas massa es samudra Arktik Kutub Utara, merupakan karnivora terbesar di daratan. Pejantannya bisa mencapai berat tubuh 350 hingga 680 kg, sementara yang betina hanya separuh berat pejantan. Walaupun beruang kutub ini berkaitan erat beruang coklat, beruang ini telah berevolusi untuk menghuni alam yang ekstrim dengan beberapa karakteristiknya. Beruang kutub umumnya lahir di daratan, tapi menghabiskan hidupnya di atas lapisan es Kutub Utara.

Ikan Hiu Paus
Ikan Hiu Paus Si Ikan terbesar

Bisa jadi ikan hiu paus ini merupakan ikan terbesar. Salah satu ikan hiu paus yang pernah tercatat memiliki panjang 12,65 meter dan berat 21,5 ton. Ikan ini hidup di lautan lepas dan di daerah tropis atau laut yang hangat. Usia ikan ini bisa mencapai 70 tahun. Walaupun mulut ikan hiu paus ini lebar dan mirip lele, tapi makannya adalah hewan-hewan laut kecil seperti plankton dan ikan kecil.

Ular Anakonda dan Piton
Ular Piton Si Ular Terpanjang

Yang manakah ular terbesar? Anakonda atau piton? Ular piton memang tercatat sebagai ular terpanjang, dan yang pernah tercatat adalah sepanjang 10 meter lebih, namun pemegang predikat ular terbesar adalah anakonda. Lingkar tubuh ular anakonda pernah tercatat sebesar lingkar pria dewasa (ukuran lingkar tubuh pria bule tentunya). Kedua ular ini tidak membunuh dengan racun, namun belitannya betul-betul luar biasa dan sangat mematikan. Termasuk bukan ular yang bisa bergerak cepat, hingga mereka hanya mengandalkan persembunyiannya dan menggunakan unsur kejutan untuk menangkap mangsa yang lengah.
Anakonda Si Ular Besar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar