Selasa, 26 Januari 2010

Ada Yang Menarik Di Balik Tubuh

Ada Yang Menarik Di Balik Tubuh
Wah, ini bukan ketikan narsis loh. Ada beberapa fakta menarik tentang tubuh manusia yang bisa dicari di internet. Apa saja fakta menariknya?



Lidah Juga Punya Sidik
Seperti sidik jari, lidah pun punya sidik juga, karena setiap manusia memiliki sidik lidah yang berbeda.
Sidik Lidah, Setiap Orang Mempunyai Sidik Lidah Yang Unik Seperti Halnya Sidik Jari

Jumlah Partikel Kulit Yang Lepas
Rata-rata manusia melepaskan sekitar 600 ribu partikel kulit mati tiap jamnya. Setiap tahun rata-rata kulit mati yang terkelupas sekitar 680 gram, atau sekitar 48 kilogram kulit mati pada saat mencapai usia 70 tahun.

Jumlah Tulang
Orang dewasa memiliki jumlah tulang yang lebih sedikit dibanding ketika ia baru lahir. Rata-rata manusia memiliki 350 tulang ketika bayi, dan karena selama proses pertumbuhan beberapa tulang menyatu, maka ketika dewasa hanya ada 206 potong tulang.

Lapisan Lambung Yang Rajin Berganti
Rata-rata manusia normal memiliki lapisan lambung yang baru setiap 3 atau 4 hari. Jika tidak, maka asam lambung yang terbilang kuat bisa merusak dinding lambung.

Mengingat Aroma
Hidung manusia rupanya sensitif juga, dan bekerja sama dengan otak, manusia bisa membedakan dan mengingat 50 ribu aroma yang berbeda.
Manusia Mampu Mengingat Dan Membedakan Puluhan Ribu Aroma

Panjang Usus Halus
Usus halus manusia, jika dipanjangkan dan tidak berliku-liku dalam rongga perut panjangnya bisa mencapai 5,5 hingga 7 meter.

Jumlah Bakteri Di Kulit
Tiap centimeter persegi kulit kita bisa dihuni oleh puluhan juta bakteri, tapi untungnya sebagian besar bakteri tersebut tidak berbahaya.

Kaki Adalah Saingan Ketiak
Maksudnya, saingan dalam hal memproduksi bau badan. Rata-rata sepasang kaki memiliki 500 ribu kelenjar keringat, dan bisa memproduksi kira-kira setengah liter keringat (ah, masa? tergantung situasi kali ya?).

Kecepatan Udara Pada Bersin
Udara yang keluar ketika bersin bisa mencapai kecepatan lebih dari 160 km/jam. Hehehe... untung aja bukan lebih dari 1.263 km/jam, bisa-bisa tiap bersin bakal terdengar dentuman sonik.
Kecepatan Bersin Sekitar Lebih Dari 160 km per jam

Darah: Penjelajah Tak Kenal Lelah
Perjalanan darah menyusuri pembuluh darah rupanya nggak main-main. Dari ujung ke ujung, darah bisa melakukan perjalanan sejauh 96 ribu kilometer dalam pembuluh darah. Sebagai pembanding, jarak antara Sabang sampai Merauke saja 5.239 km (bila ditarik garis lurus).
Perjalan Darah Sepanjang Pembuluh Darah

Jumlah Ludah Sepanjang Hidup
Jumlah ludah yang diproduksi sepanjang hidup bisa mencapai lebih dari 20 ribu liter. Hah? Yang bener? Bisa buat mengisi kolam ikan dong?

Kerasnya Suara Dengkuran
Pada usia 60 tahun, sekitar 60% pria dan 40% wanita mendengkur. Suara dengkuran rata-rata adalah 60 desibel, seperti rata-rata kerasnya suara orang berbicara. Namun suara dengkuran bisa mencapai lebih dari 80 desibel. Masa iya sih? Suara dengan keras 85 desibel saja sudah berbahaya bagi pendengaran manusia?

Jumlah Helai Rambut
Orang yang berambut pirang (pirang alami loh, bukan pirang buceri alias bule ngecet sendiri) memiliki jumlah helai rambut terbanyak dibanding dengan warna rambut lainnya. Rata-rata manusia memiliki 100 ribu folikel (kantung rambut) di kulit kepala, dan masing-masing bisa memproduksi 20 helai rambut sepanjang hidup. Orang yang berambut pirang alami rata-rata memiliki 146 ribu folikel, rambut hitam 110 ribu folikel, rambut coklat 100 ribu folikel, sedangkan yang paling 'miskin' adalah yang berambut merah yaitu 86 ribu folikel.
Folikel Rambut Pada Orang Berambut Pirang Lebih Banyak Dibanding Warna Lain

Pertumbuhan Kuku
Kuku pada bagian tubuh yang sering digunakan dikatakan tumbuh lebih cepat dibandingkan kuku pada bagian tubuh yang sering menganggur. Maka itulah kuku tangan tumbuh lebih cepat dibanding kuku jari kaki. Jika seseorang lebih sering menulis dengan tangan kanan, maka kuku tangan jari tangan kanannya lebih cepat tumbuh dibanding kuku jari tangan kiri. Masa, sih? Rata-rata pertumbuhan kuku adalah 0,25 cm per bulan.
Pertumbuhan Kuku Rata-Rata Manusia

Berat Kepala
Rata-rata berat kepala bayi adalah sekitar 1/4 berat tubuhnya. Pada manusia dewasa yang beratnya proporsional dengan tinggi badan, berat kepalanya adalah 1/8 berat tubuhnya.

Lamanya Tidur
Rata-rata kebutuhan tidur manusia dewasa adalah 8 jam per hari, namun ada juga orang yang tidur kurang dari 8 jam dengan disiplin tertentu. Ada satu rumor yang menyebutkan bahwa apabila manusia tidak tidur selama 11 hari beruturut-turut maka akibatnya bisa fatal. Setelah saya cari-cari di internet, ternyata tidak sepenuhnya benar. Penyakit insomnia yang berakibat kematian adalah penyakit yang langka di dunia ini, dab sepanjang sejarah hanya ada 40 keluarga dari seluruh manusia di bumi ini yang mengidapnya.

***
Sebetulnya masih banyak hal menarik yang bisa diungkap dari tubuh manusia, tapi cukup sekian dulu. Kalau ada yang salah, mohon dikoreksi... Silahkan mengisi formulir komentar...

1 komentar: