Sabtu, 07 Maret 2009

Kacang Hijau Yang Bergizi

Kacang hijau atau kacang ijo (Latin: vigna radiata atau phaseoulus radiatus, Inggris: mung bean), tumbuhan berjenis polong-polongan yang sudah akrab pada masyarakat Indonesia, yang terlupakan nilai gizinya walaupun terjangkau harganya. Ini terbukti pada saat harga susu naik (susu beneran bukan susu yang itu, loh) , ada ibu yang mengganti susu untuk balitanya dengan air tajin, sedangkan bapaknya mungkin aja masih asik ngerokok.



Di pasaran, kacang hijau bisa diperoleh dalam bentuk mentah atau tepung hunkue. Di bawah ini adalah beberapa fakta mengenai kacang ijo:

  • Kacang hijau mengandung protein yang tinggi yaitu 24%, salah satu sumber menyebutkan kandungan asam aminonya lengkap.
  • Menurut penelitian Chang (1977), merendam kacang ijo dapat mengurangi efek negatif dari fitat. Fitat adalah zat dalam kacang hijau yang dapat menghalangi digunakannya zat gizi oleh tubuh. Sebuah sumber dari survivalacres.com menyarankan perendaman selama 12 jam, sebelum diolah.
  • Asam lemak esensial yang terkandung dalam kacang hijau adalah omega-3 (0,9 mg/100 gr) dan omega-6 (119 mg/100 gr). Omega-3 dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.
  • Kandungan serat dalam kacang hijau termasuk tinggi, yaitu (7,6 gr/100 gr) dan dapat memenuhi 30% dari kebutuhan serat per hari.
  • Kacang hijau hampir tidak mengandung lemak.
  • Kacang hijau mengandung asam folat(159 µg/100 gr) dan vitamin B1 (thiamin 0,2 mg/100 gr) yang tinggi. Kandungan vitamin lainya adalah riboflavin, B6, asam pantothenat, serta niasin.
  • Kacang hijau banyak mengandung mineral, dalam 100 gramnya mengandung seperti potasium (266 mg), phosphorus (99 mg), manganese (48 mg), kalsium (27 mg), magnesium (0,3 mg), besi (1,4 mg), zinc (0,8 mg), selenium (2,5 µg).
  • Dalam masa perkecambahan (tauge atau toge), kacang ijo ini mengandung enzim amilase dan antioksidan fitosterol.


Sumber: dicontek dan dirangkum dari wikipedia.com, survivalacres.com, indonesiamedia.com, dan sportindo.com.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar