Minggu, 10 Januari 2010

Skenario Penyelamatan Bumi Terhadap Bencana Global

Dengan segala kekhawatiran atas pemanasan global dan perubahan iklim, perang yang sedang berlanjut dan ancaman terjadinya perang di waktu yang akan datang, bumi kemungkinan menghadapi kejutan yang lain. Tanpa menghubung-hubungkannya dengan ramalan tahun 2012, yang mungkin hanya fiksi, ancaman-ancaman ini memang bisa datang kapan saja. Tidak berarti harus tahun 2012, sih. Di bawah ini adalah beberapa bahasan ringan tentang bagaimana umat manusia berusaha mempertahankan keberadaannya dalam menghadapi ancaman bencana besar di masa yang akan datang. Jangan dianggap serius ya.. Hahahaha...


Menanam Ilmu Pengetahuan Di Bulan

Ini ide kreatif bebera orang saja, jika nanti bumi menghadapi bencana besar entah karena ditabrak asteroid atau karena ulah manusia sendiri karena perang nuklir, di bulan akan di tanam sebuah media penyimpanan semacam cakram keras yang bisa menampung seluruh pengetahuan yang telah dicapai manusia. Loh? Apa gunanya kalau ditanam di bulan? Kalau terjadi bencana, boro-boro ke bulan 'kan?

Tenang, ini baru tahap pertama. Tahap keduanya adalah: jika di bumi terjadi bencana besar dan melenyapkan sebagian besar manusia, maka seluruh pengetahuan yang ada di dalam cakram ini dipancarkan ke bumi melalui gelombang radio, dan bisa ditangkap oleh pesawat radio jadul sekalipun. Wah kok gitu? Yah, mungkin saja pesawat radio jadul itulah teknologi yang masih tersisa kelak jika terjadi bencana besar tersebut.

Kalau Ada Asteroid Nakal Yang Mau Menabrak Bumi

Asteroid besar menghantam bumi? Bisa jadi, tapi para ilmuwan sudah memikirkan hal ini, dan mungkin tak perlu kita khawatirkan lagi. Menembak asteroid tersebut dengan rudal atau roket peledak nuklir adalah salah satu skenario yang telah dipersiapkan. Skenarionya adalah bukan untuk menghancurkan asteroid tersebut, tapi sekedar membelokkan arah asteroid tersebut agar tak menabrak bumi.

Meretas Bumi Menghadapi Perubahan Iklim

Aduh, saya jadi garuk-garuk kepala mode: on sama yang satu ini. Walaupun ini baru rumor, cuma "katanya", tapi bolehlah saya bagi di sini. Sekali lagi jangan dianggap serius, karena bisa jadi ini hanya khayalan orang paranoid. Hahaha. Konon katanya, sejumlah ahli sudah menyiapkan langkah untuk mengutak-ngatik bumi ini untuk menghadapi dampak pemanasan global dan perubahan iklim. Caranya? Dengan menambahkan materi-materi tertentu yang akan mengubah atmosfir, lautan, dan daratan. Kalau memang ada, mudah-mudahan para ilmuwan ini tidak salah langkah.

Menurut rumor, inilah langkah yang akan diambil oleh para ilmuwan:
Pohon Buatan Pohon buatan berfungsi menyerap karbon dioksida dari udara dan menyimpan dalam tanah.
Tanaman Reflektif Menanam tanaman yang bersifat reflektif yang memantulkan sinar matahari
Penebaran Partikel Menebar partikel di stratosfir yang dapat memantulkan sinar matahari.
Cermin Angkasa Mengorbitkan cermin angkasa luar dengan tujuan membelokkan sinar matahari.
Pembibitan Awan Mengatomisasi air laut untuk menciptakan awan yang dapat memantulkan sinar matahari.
Penambahan Karbonat Penebaran batu kapur ke lalut, untuk membantu penyerapan karbon dioksida.
Pemupukan Lautan  Pengisian unsur besi untuk merangsang pertumbuhan plankton pemakan karbon dioksida.

Sayangnya saya tidak begitu faham sains, jadi... saya tidak tahu seberapa konyolnya rumor ini beredar.

Menyimpan Bibit Untuk Keadaan Darurat

Nah, yang ini bukan rumor, tetapi proyek betulan. Sebuah tempat penyimpanan bibit atau bank bibit telah di siapkan di suatu tempat terpencil di suatu daerah Artik, sekitar 1300 km dari Kutub Utara. Di dalam tanah disimpanlah kurang lebih 400 ribu bibit tanaman, untuk berjaga-jaga atas hilangnya tanaman-tanaman penting, dan juga dapat digunakan apabila suatu waktu terjadi bencana luar biasa secara global.

Nah, silahkan disaring sendiri. Dan jangan terlalu dianggap serius. Hahaha.

2 komentar:

  1. kak , Penambahan Karbonat Penebaran batu kapur ke lalut,
    harusnya LAUT
    :)

    BalasHapus
  2. ih salah ketik doang protes :jitak!:

    lagian gw bukan kakak lo :p wkwkwkwk.....

    BalasHapus