Kamis, 13 Agustus 2009

Kenapa Donat Berlubang Di Tengah?


Ini bukan tebak-tebakan. Kue yang berasal dari adonan yang digoreng itu bentuknya memang unik. Bentuk donat klasik selalu ada lubang di tengah. Ada yang penasaran kenapa donat berlubang di tengahnya?



Belum ketemu nih jawaban pastinya, kenapa donat bentuknya demikian. Tapi daripada penasaran, ada dua spekulasi yang bisa disajikan.


Spekulasi pertama, bisa dilihat dari sejarah donat. Donat muncul di Amerika pertama kali pada abad ke-18, di kota New Amsterdam yang kini resmi dikenal sebagai kota New York, yang dibawa oleh pendatang dari Belanda. Aslinya donat dikenal sebagai olykoek atau keik berminyak. Keik ini berasal dari adonan (dough) yang digoreng lalu ditaburi kacang. Jadilah namanya doughnut.

Alasan kenapa donat dibentuk dengan lubang ditengahnya adalah agar ia matang secara merata. Ketika alat masak memang belum canggih, untuk menggoreng adonan berbentuk bulat akan menghasilkan donat yang mentah di dalam tapi terlalu matang di luar.

Spekulasi kedua? Sabar... setelah iklan akan saya lanjutkan....

Mungkin spekulasi kedua ini agak lucu, tapi bikin ketawa ya gak juga sih. Tersebutlah kapten kapal Hanson Gregory pada abad ke-19, yang kelaparan ketika sedang mengawaki kapalnya pada suatu malam yang berbadai. Agak menyulitkan ketika ia ketika sedang menyetir kapalnya sambil makan kue gorengnya. Dengan agak frustasi dia menancapkan kue goreng itu di stir kapalnya, hingga ia bisa sesekali makan sambil menyetir kapal.

Tertarik dengan kejadian tersebut, ia menyuruh koki kapal untuk menggoreng adonan kue dengan bentuk lubang di tengahnya. Jadilah donat klasik berbentuk seperti itu.

Ah, ada-ada aja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar