Jumat, 14 Agustus 2009

Huruf Braille Sebenarnya Dibuat Oleh ABG?

Iya, ABG, anak baru gede. Jangan remehkan ABG apalagi ABG yang kreatif dan cerdas. Huruf Braille yang banyak dipakai oleh tuna netra ternyata dibuat oleh seorang ABG. Huruf timbul yang umumnya terdiri dari 6 titik tersebut sampai hari ini masih digunakan. Siapa ABG yang membuat huruf Braille tersebut?

Nama anak baru gede itu adalah Louis Braille. Ia membuat sebuah sistem untuk membaca dan menulis ketika ia berusi 12 tahun! Apalagi yang bisa saya sampaikan tentang Louis Braille ini?



Braille lahir pada tanggal January 4, 1809, menjadi buta pada usia 3 tahun karena sebuah kecelakaan pada sebelah matanya. Sebelah matanya lagi ikut menjadi buta karena sympathetic ophthalmia.

Sympathetic ophthalmia adalah sejenis peradangan pada kedua mata karena sebuah trauma pada sebelah mata.

Braille memang anak yang cerdas dan kreatif. Ia merasa tak puas dengan huruf timbul yang diajarkan di sekolah. Huruf timbul tersebut memperlambat pembacaan dan murid tuna netra waktu itu tidak diajari untuk menulis huruf timbul. Braille menciptakan sendiri sebuah sistem menulis dan membaca dengan menggunakan 6 titik timbul untuk tiap karakternya mulai pada tahun 1821.

Braille menyelesaikan sistem pembacaan dan penulisannya pada usia 15 tahun, lalu mengembangkannya untuk notasi matematika dan musik. Buku pertama Braille terbit pada tahun 1829 dengan judul Method of Writing Words, Music, and Plain Songs by Means of Dots, for Use by the Blind and Arranged for Them.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar