Senin, 01 Maret 2010

Basmi Lalat Dan Nyamuk Dengan Cara Alamiah

Sebel sama nyamuk dan lalat yang kebangetan? Disemrpot obat pembasmi serangga tiap hari, mungkin kurang bagus buat kesehatan.



Mungkin yang saya bagi di sini bukan hal baru... tapi bisalah diterapkan di rumah: pake kantong semar!  Eh, bentar. Bahasa bakunya kantung semar apa kantong semar ya?
Serem juga nih kantong semar, sukanya makan daging (karnivora). Kirain, yang karnivora nih cuma binatang aja, taneman juga ada. Hihihi. Bukan cuma serangga, kadang kodok pun di'telan'. Untung aja ga ada kantong semar raksasa, coba kalo ada... manusia dimakan juga kali. Hehehe.

Udah ah becandanya. Serius nih sekarang.
Seandainya di atas tempat sampah ada beberapa tanaman kantong semar menggantung, bisa jadi akan sangat mengurangi lalat. Simbiosis juga dia sama tempat sampah: tempat sampah mengundang lalat dan tempat tumbuhnya belatung, dan kantong semar bisa makan lalat.  Lalat berkurang, hati pun senang.

Nyamuk? Wih, ini lagi serangga menjengkelkan, apalagi kalau musim kemarau di Jabodetabek sih nyamuk lagi ganas-ganasnya. Andai di atas selokan dan di pohon-pohon digantungi kantong semar... mungkin nyamuk bakal sangat berkurang.

Nyamuk memang bukan cuma ngeselin, tapi juga membawa penyakit, mulai dari demam berdarah sampe ke kaki gajah. Enak nih dibasmi pakai kantung semar.

Nyamuk dan lalat berkurang, rumah pun jadi tambah hijau. Membasmi serangga pembawa penyakit dengan tidak menambah polusi udara akibat obat pembasmi serangga baik yang semprot, listrik, maupun yang bakar.

Tapiii.... sayang seribu kali sayang. Kantong semar nih mahal, coy. Paling murah aja di sini harga kantong semar Rp 50 ribu! Yang mahalan, kantong semar bisa mencapai di atas 1 juta, tapi yang ini mungkin termasuk tanaman hias.

Apa mendingan beli bibitnya aja ya? Terus dibudidayakan di rumah, supaya jadi banyak. Lumayan juga kalo punya kantong semar banyak melebihi kebutuhan, bisa dijual.

Entar saya coba ah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar